Montessori Play and Learn

Review Montessori Play and Learn

Review Buku Montessori Play and Learn

Author : Lesley Britton

Montessori menjadi pendekatan pendidikan yang semakin populer di kalangan orang tua saat ini. Dan buku yang aku baca kali ini memberikan pandangan yang mendalam dan praktis tentang Montessori. Jika kalian tertarik dengan konsep Montessori dan ingin menerapkannya dalam parenting, maka buku yang aku baca ini bisa menjadi panduan yang sangat berguna.

1) Sinopsis Buku Montessori Play and Learn

Buku karya Lesley Britton ini adalah buku panduan bagi orang tua dan pengasuh anak yang ingin menerapkan metode Montessori dalam bermain dan belajar dengan anak-anak mereka. Di buku ini terdapat banyak sekali aktivitas yang didesain untuk memperkuat keterampilan motorik, kognitif, dan sosial anak-anak.

Pada bab pertama penulis mengajak kita berkenalan dengan Maria Motessori, yang tak lain dan tak bukan adalah pendiri metode pendidikan Montessori yang kita kenal saat ini. Lalu pada bab selanjutnya kita diajak untuk menyelami filosofi-filosofi Montessori.

Dan selanjutnya penulis membeberkan langkah-langkah praktis bagaimana memasukkan gagasan-gagasan Montesori dalam keluarga dan kehidupan sehari-hari, termasuk bagaimana merencanakan rumah ramah anak, hingga ide-ide permainan untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Setiap aktivitas dilengkapi dengan gambar dan penjelasan yang jelas, serta saran tentang bagaimana mengadaptasi aktivitas sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

2) Latar belakang Penulis

Dalam buku ini disebutkan bahwa Lesley Britton adalah seorang praktisi Montessori dan pendiri London Montessori School. Latar belakang penulis menerbitkan buku ini adalah karena menurutnya banyak masyarakat yang tidak asing dengan Montessori, tetapi haya sedikit sekali yang tahu sebenenarnya Montessori ini tentang apa. Dan disinilah penulis menjabarkan secara singkat dan padat apa itu metode Montessori. Penulis juga menerjemahkan ide-ide Montessori kepada pembaca untuk membantu mereka menghadapi masalah dalam membesarkan anak-anak di dunia yang kompleks dan cepat berubah seperti sekarang ini.

3) Pendapatku tentang buku Montessori Play and Learn

Buku ini benar-benar memberikan pencerahan kepadaku tentang apa itu Montessori. Dulu yang aku tahu Montessori adalah sebuah metode belajar untuk anak-anak melalui media permainan, tapi ternyata Montessori adalah lebih dari itu. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana otak anak bekerja dan magaimana metode Montessori dapat membantu perkembangan otak anak. Selain itu dijelaskan juga bagaimana orangtua dapat membantu anak-anak mereka mengembangkan ketrampilan sosial dan emosional melalui kegiatan bermain. Terakhir, buku ini menjabarkan bagaimana Montessori dapat membantu anak-anak menikmati proses belajar dengan cara yang positif dan menyenangkan. Walaupun buku ini adalah hasil terjemahan, gaya terjemahan dan penulisannya cukup mudah dipahami. Penambahan beberapa ilustrasi pada bab ide permainan juga sangat bagus, karena sangat membantu aku dalam memahami ide permainan tersebut.

3) Berikut adalah beberapa kegiatan anak-anak yang terinspirasi dari buku Montessori Play and Learn

4) Kesimpulan

Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam apa itu Montessori, buku ini sangat cocok untuk jadi bahan bacaan kalian. Terlebih jika kalian ingin menerapkan metodi Montessori ini dalam proses membersamai anak dan menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak sesuai dengan kaidah Montessori. Jadi, nggak asal-asal aja ikutan tren Montessori tanpa tahu filosofi asli dari metode tersebut. Selain itu ide-ide permainan untuk usia 2 – 6 tahun sangat membantu aku dala menyusun kegiatan anak-anak.

Sekian review buku Montessoti Play and Learn, jika kalian berniat ingin membeli, berikut adalah linknya : Montessori Play and Learn – Shopee.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top