Rekomendasi Buku Sedih Untuk Anak “Kucingku, Kuzy”

rekomendasi buku anak

Buku dengan alur cerita dan ending yang menyenangkan mungkin sudah sering kita bacakan untuk anak-anak. Tapi pernah nggak sih kepikiran membacakan buku sedih untuk anak-anak? Nah salah satu tujuan untuk mengenalkan buku sedih ke anak-anak adalah agar anak belajar tentang realitas kehidupan yang tidak hanya berisi hal-hal manis dan menyenangkan. Dan berikut adalah salah satu rekomendasi buku sedih yang pernah saya bacakan untuk anak-anak.

Kucingku, Kuzy

“Kucingku, Kuzy” adalah buku terbitan Noura Kids dan hasil terjemahan dari karya Anastasia Qarawani serta ilustrator Maja Kastelic dengan teks asli berbahasa arab. Buku ini juga pernah memenangkan penghargaan “Etisalat Prize for Arabic Children’s Literature“.

Dengan total 31 halaman, menurutku buku ini cukup padat kalimatnya, jadi kurang aku rekomendasikan untuk anak dibawah 5 tahun. Karena pengalaman pribadi, ketika buku ini dibacakan untuk Umar yang masih berumur 3 tahun, dia belum bisa ngikutin sampai akhir, (pasti kabur ditengah jalan 😂). Beda halnya dengan Fatih, dia udah bisa nih buat fokus dengerin alur ceritanya sampai akhir.

Secara singkat, “Kucingku, Kuzy” bercerita tentang seorang anak yang kehilangan kucing kesayangannya. Ditengah kesedihan menunggu kucingnya yang tidak kunjung pulang, ternyata temannya yang bernama Sani juga kehilangan kucingnya. Dia dan Sani kemudian saling menghibur satu sama lain.

Seperti kalimat Mama yang mencoba menghibur dengan berkata bahwa “Semua kucing akan pergi pada waktunya, dan mungkin mereka pergi untuk tinggal di tempat yang sangat jauh, di dekat hujan, bintang, dan bulan, serta mata mereka akan bersinar menerangi langit malam”, Sani juga menghibur bahwa dia kerap menulis surat kepada kucingnya setiap malam sebelum tidur untuk mengobati rasa rindunya.

Cerita yang sangat indah bukan? Walaupun buku terjemahan, menurutku kalimat yang disajikan cukup mudah dimengerti dan tidak terlalu baku. “Kucingku, Kuzy” juga menjadi salah satu buku kesukaan Fatih, karena kebetulan kita sempet kehilangan kucing, jadi sangat relate dengan cerita yang disajikan. Kita juga sering mendiskusikan beberapa hal setelah membaca buku ini, termasuk mengenang kucing kita Sasa yang menghilang entah kemana..

Beli dimana?

Dengan harga Rp 57.000, berisi 31 halaman dan soft cover, bukunya bisa kalian beli di link shopee berikut : Ahabookid – Kucingku, Kuzy

Rekomendasi buku sedih untuk anak-anak lainnya

Untuk rekomendasi buku sedih lainnya, kalian bisa baca postingan dari instagram @ahabookid – Buku sedih untuk anak

Baca juga : Review Like I’m 5 , Skincare Untuk Ibu dan Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top